Anies Baswedan Menggunakan Bahasa Isyarat Dalam Debat Capres Kelima

Anies Baswedan menggunakan bahasa isyarat. (tangkapan layar/youtube KPU RI)
banner 120x600

Tajam.news – Anies Baswedan (Anies) menggunakan bahasa isyarat sebelum menyampaikan visi misi dan program kerja dalam debat kelima pemilu 2024.

Hal tersebut terlihat dari live kanal youtube resmi KPU RI saat debat kelima Calon Presiden pemilu 2024 yang diselenggarakan di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Minggu (4/2/2024) pukul 19.00 WIB.

Terlihat dalam video, Calon presiden (capres) Anies Baswedan tampil sebagai pembicara ketiga setelah Capres Ganjar Pranowo saat menyampaikan visi dan misi dan program kerja dalam debat kelima calon Presiden pemilu 2024.

Tampak Anies menggunakan bahasa isyarat dengan menunjukkan jam tangan yang dikenakannya di pergelangan tangan kiri. Capres nomor urut 1 ini kemudian melakukan gerakan jari seakan mengikat sesuatu dari arah depan ke belakang saat mengawali penyampaian visi misi dan program kerjanya.

Baca Juga : Alasan Komika Kemal Palevi Bertanya Soal Vlog Perceraian Ria Ricis

Dalam bahasa isyarat, saat Anies menunjuk jam tangan hal tersebut diidentikkan atau melambangkan waktu, sementara gerakan menggeser tangan dari depan ke belakang mengindikasikan perubahan atau transformasi.

Jika melihat slogan kampanye Anies-Cak Imin, saat itu tampak Anies berupaya menyampaikan pesan ‘Saatnya perubahan’ dengan menggunakan bahasa isyarat yang umumnya digunakan untuk berkomunikasi dengan tuna rungu, sehingga untuk berkomunikasi biasanya menggunakan cara komunikasi khusus, yaitu menggunakan bahasa isyarat.

Debat kelima ini menjadi debat terakhir sebelum memasuki Pemilu 2024 yang dijadwalkan pada tanggal 14 februari 2024.(*)

 

Komentar Anda