oleh

Atlet Dunia Apresiasi International Traditional Boat Racing And River Culture Festival 2019

TAJAM.NEWS , BANJARMASIN – Sebanyak 900 atlet dari berbagai negara turut memeriahkan dan mengapresiasi kegiatan ‘Balap Perahu Tradisional Internasional dan Festival Budaya Sungai’ yang diselenggarakan di Siring Menara Pandang, Sungai Martapura, Sabtu (7/12).

Bukan hanya untuk memajukan olahraga air di Kota Seribu Sungai, akan tetapi, dengan memperkenalkan budaya tradisional dan melestarikannya ini dapat membuat visi sebagai pusat peradaban budaya sungai dunia.

Kegiatan Festival di Siring Menara Pandang Mempunyai Peran Penting Mempertahankan Kebudayaan

Menurut, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Banjarmasin, Taufik Rifani, mengatakan, festival ini bukan hanya menawarkan olahraga tradisional kepada masyarakat Kota Banjarmasin akan tetapi sebagai contoh bagi dunia tentang sungai juga akan membantu peran penting dalam meningkatkan kepentingan.

“Alhamdulillah, peserta dari beberapa negara, ada dari Portugis, Republik Rakyat Cina, Itali, Republik Ceko, Rumania juga ikut serta dalam kegiatan ini,” tuturnya.

Ia melanjutkan, dengan semangat memulai tradisi yang sudah dimiliki nenek moyang ini, olahraga yang identik dengan jukung dan perahu ini juga dilengkapi dengan corak naga khas banua.

“Dalam tiga hingga lima tahun kedepan, Festival Jukung harus bisa berkembang menjadi agenda wisata olahraga nasional atau internasional,” pungkasnya.

Taufik, menuturkan, acara yang terselenggara ini merupakan salah satu-satunya acara wisata yang diikuti oleh berbagai negara termasuk atlet banua pun ikut meramaikan acara tersebut.
“Maka dari itu olahraga tradisional ini bisa menjadi simpul budaya sungai dunia,” ucapnya.

Terhitung total atlet yang bertanding sebanyak 900 atlet, untuk kategori jukung tradisional terdapat 80 kontingen yang masing-masing terdiri dari 6 atlet, sedangkan perahu naga berisi 30 kontingen terdiri dari 14 atlet di dalamnya termasuk dari mancanegara.

Reporter / Editor: Alfian / Egi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lagi Hot