Capres Anies-Prabowo Saling Serang, Debat Ketiga Pilpres 2024

Sesi tanya jawab Antara Anies Baswedan dan Prabowo Subianto ( tangkapan layar/Youtube : KPU RI )
banner 120x600

Tajam.news – Memasuki debat ketiga Pilpres 2024 yang digelar, Minggu (7/1/2024). Debat digelar di Istora Senayan pukul 19.00 WIB. Tema debat capres kali ini adalah Pertahanan, Keamanan, Hubungan Internasional, Globalisasi, Geopolitik dan Politik Luar Negeri. Debat berlangsung alot, capres Anies dan prabowo saling serang dalam sesi tanya jawab.

Debat calon presiden kali ini akan diselenggarakan dengan pemoderator oleh Ariyo Ardi dan Anisha Dasuki. Kini, Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) menegaskan bahwa moderator debat memiliki peran penting dalam menjelaskan singkatan dan istilah yang tidak umum dipahami selama berlangsungnya debat.

Sesi tanya jawab capres
Pada saat memasuki sesi tanya jawab antar capres, Dilansir dari live Kanal youtube resmi KPU RI , Saat Moderator mempersilahkan Capres Anies Baswedan untuk menanggapi jawaban dan pertanyaan dari Capres Prabowo Subianto. Anies Baswedan menyinggung dan mengajukan pertanyaan soal etika kepada Prabowo Subianto.

Terlihat dalam video Capres Anies mengatakan, “Ketika dikatakan bahwa standar etika yang dipegang adalah tinggi, memang menjadi presiden panglima tertinggi harus memiliki standar etika yang amat tinggi, tapi dalam kenyataannya pak, Ketika bapak memimpin di kementerian pertahanan banyak orang dalam di pengadaan alutsista, lalu orang dalam di pengelolaan food estate,” kata Anies.

Lalu ada kejadian-kejadian di mana kita semua menyaksikan ketika ada pelanggaran etika dan bapak tetap jalan terus dengan cawapres yang melanggar etika artinya ada kompromi atas standar etika, ini fakta dan kemudian dalam pidato bapak mengolok-olok tentang pentingnya etika. Pertanyaannya apa penjelasan pak Prabowo soal itu semua,” tambah Anies dalam video tersebut.

Baca Juga :Ganjar Pranowo Sikapi Kekerasan Terhadap Relawan Pendukungnya

Dalam debat tersebut, Prabowo Subianto menjawab dan memberikan bantahan atas pertanyaan dari Anies Baswedan. “Semua data yang saudara ungkapkan itu keliru semua. Saya bersedia kita duduk kita buka-bukaan, jadi di mana masalahnya saudara bicara etik-etik,” kata Prabowo.

“Saya itu keberatan karena saya menilai maaf ya karena anda desak, saya terus terang saja, anda tidak pantas bicara soal etik. Saya merasa bahwa anda itu posturing anda tuh menyesatkan itu. saya boleh berpendapat kan saya menilai anda tidak berhak bicara oleh etik karena anda memberi contoh yang tidak baik terima kasih,” kata Prabowo.

 

Komentar Anda