oleh

Datu Aling Punggawa Sultan Adam dari Kerajaan Tambai Mekkah (Part I)

-SOSOK-332 views

TAJAM.NEWS, TAPIN – Walaupun sosok Datu Aling belum sepenuhnya terekspos, tapi siapa sangka punggawa Kesultanan Banjar yang bergelar Ulama, Syekh Muhammad Manshur itu ternyata pernah dipercaya sebagai panglima keamanan perang dan terlibat untuk memimpin sebuah kerajaan bernama Tambai Mekkah di wilayah Tapin Selatan.

Bahkan, kerabat dekat dengan pangeran Antasari ini, ternyata juga merupakan punggawa kepercayaan Sultan Adam pada masa itu.

Masyarakat sekitar pun percaya akan kehadiran beliau sampai sekarang, apabila akan adanya acara haul besar datu Aling, tanpa disadari Ia akan hadir ditengah masyarakat yang menggelar kegiatan tahun tersebut.

Datu Aling Alias Syekh Muhammad Mashur Merupakan Seorang Panglima

Menurut cerita, konon, beliau bukan hanya seorang pejuang kemerdekaan dan Ulama dari tanah Desa Cempaka Lawahan, Kecamatan Tapin Selatan, Kabupaten Tapin ini, dulunya di wilayah tersebut juga ada berdiri tegak sebuah kerajaan yang religius (Islam) pada masa penjajahan belanda.

Kerajaan Tambai Mekkah ini pula sudah ada sejak peperangan melawan belanda (Perang Banjar I), bahkan, yang pertama kali paling berani memberontak di zaman tentara asal negeri kincir angin itu, untuk bisa mempertahankan hasil bumi, hal itu, ternyata dapat dicegah mereka dengan berbagai cara untuk bisa menjaga wilayahnya dari penjajah tersebut

Datu Aling

“Datu Aling ini merupakan punggawa dari Sultan Adam pada masa Kerajaan Banjar berdiri,” ungkapnya kepada tajam.news oleh juru makam Datu Aling Desa Cempaka Lawahan, pak Manshur.

Tak sampai disitu saja, Datu Aling juga ternyata terkenal dengan kesetiaannya terhadap Sultan Adam yang sempat tinggal di Kota Martapura sebagai Punggawanya bersama Panglima Kepercayaan Kesultanan Banjar yaitu Demang Lehman. Serta Ia juga dipercaya oleh pihak kerajaan sebagai panglima keamanan diwilayahnya itu.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lagi Hot