Dekranasda Sulsel Siap Menghadapi Kriyanusa 2023, 3 Produk UMKM Siap Bersaing di Awards

banner 120x600

MAKASSAR, TAJAM.NEWS– Sofha Marwah Bahtiar,Penjabat Ketua TP PKK Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), telah melakukan pertemuan akrab dengan Pengurus Dekranasda di Gedung Kantor Dekranasda, Jalan Jenderal Sudirman, pada Kamis (7/9/2023).

Kehadiran Sofha Marwah diterima hangat oleh Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian, Ahmadi Akil, Sekretaris Perindustrian dan Perdagangan, Adelleidah Susiane Toreh, Ketua Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Sulsel, Ainun Jariah, serta anggota Pengurus Dekranasda.

Sofha memberikan penghargaan kepada Pengurus Dekranasda Sulsel atas prestasi luar biasa mereka, terutama dalam bidang kerajinan.

Dia juga menghargai sejumlah penghargaan yang telah diraih oleh Dekranasda Sulsel selama ini.

Selama pertemuan tersebut, Sofha Marwah membahas program-program yang akan diterapkan pada tahun 2024. Ia berharap kolaborasi yang kuat antara semua pihak akan meningkatkan kinerja Dekranasda Sulsel.

Sofha Marwah juga berkesempatan melihat hasil karya UMKM yang didukung oleh Dekranasda dari 24 kabupaten/kota. Produk-produk tersebut akan dipamerkan dalam acara Kriyanusa, termasuk kolaborasi Tenun Takalar dan Tenun Sutra dari Wajo yang menarik perhatiannya.

Ahmadi Akil, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian, menambahkan bahwa Kriyanusa akan menjadi event yang ke-6 kalinya tahun ini, melibatkan pengrajin Kriya Nusantara dari seluruh Indonesia.

Kriyanusa adalah pameran kerajinan skala nasional yang diselenggarakan setiap tahun oleh Dekranasda, bertujuan untuk mempromosikan dan mengembangkan produk-produk Kriya Indonesia.

Acara ini juga bertujuan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi dan memperluas pasar produk kerajinan Indonesia.

Ahmadi Akil mengungkapkan bahwa dalam acara Kriyanusa ini akan diadakan penilaian Dekranasda Awards.

Ada tiga produk yang akan menjadi sorotan.

Pertama, sajadah kolaborasi antara Tenun Takalar dan Tenun Sutra dari Wajo.

Kedua, produk anyaman Takalar bekerjasama dengan kerajinan bambu dari Barru yang menghasilkan lampu hias. Dan yang ketiga, adalah produk kolaborasi menggunakan limbah marmer yang akan dijadikan lampu hias.

Tidak hanya itu, Ahmadi Akil juga mengungkapkan bahwa sesuai arahan dari Dekranasda pusat, semua Ketua Dekranasda Provinsi akan berpartisipasi dalam fashion show saat malam pembukaan acara Kriyanusa.

“Kami telah berbicara dengan Ibu Sofha, dan dia siap untuk mengikuti fashion show tersebut,” kata Ahmadi Akil.

Pengurus Dekranasda Sulsel juga memamerkan beberapa motif, termasuk motif Toraja dan motif sutera Lagoshi. Sofhia Marwah Bahtiar, Penjabat Ketua TP PKK, menunjukkan minat khusus pada motif Lagoshi, yang merupakan motif yang sudah dikenal secara nasional dan berasal dari Sulsel. (*)

 

Komentar Anda