oleh

Dodol Kandangan Manis dan Gurih

-KULINER-61 views

TAJAM.NEWS, BANJARMASIN – Provinsi Kalimantan Selatan mempunyai beberapa panganan khas yang berasal dari beberap a kabupaten kota yang terdapat di wilayahnya.

Terutama dari kabupaten hulu sungai Selatan atau yang bisa kita kenal dengan Kandangan ( kota dodol ) ya benar sekali dodol panganan yang terbuat dari bahan utamanya beras ketan dan gula aren.

Dodol, siapa yang tidak kenal dengan jenis panganan tersebut hampir di seluruh wilayah Indonesia mempunyai panganan yang sejenis, namun beda nama saja, ada satu daerah yang terkenal dengan dodolnya , betul daerah itu namanya Garut adalah kota penghasil panganan dodol yang cukup terkenal di masyarakat Indonesia dengan nama dodol Garut.

Makanan Khas Daerah Kuliner Dodol Kandangan

Namun ternyata di daerah kita Kalimantan Selatan juga mempunyai panganan yang serupa yaitu dodol kandangan, kenapa jadi dodol kandangan? Karena kota yang memproduksinya bernama Kandangan jadilah dinamakan dodol kandangan.

Panganan yang terbuat dari beras ketan dan gula aren ,itu mempunyai rasa yang manis serta gurih serta mempunyai tekstur yang cukup kenyal saat di kunyah.

Dodol Kandangan adalah oleh – oleh khas Kalimantan Selatan yang wajib di bawa pulang oleh para pengunjung atau turis lokal maupun luar daerah sebagi buah tangan untuk keluarga mereka.

Dodol

Buat para wisatawan jangan sampai lupa untuk mampir ke kota Kandangan sebagi daerah penghasil dodol karena dengan datang langsung ke sana bisa sekalian melihat atau belajar bagaimana cara membuat dodol kandangan.

Dengan jarak yang tidak terlalu jauh dari kota Banjarmasin bisa saja tuk langsung datang kesana membeli dodol , atau sekedar ingin merasakan nikmatnya ketupat Kandangan yang juga sangat terkenal itu.

Editor : Ed

Foto : Net

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lagi Hot