oleh

Eksploitasi, Penyebab Kepunahan Satwa dan Nilai Ekonomi

-NASIONAL-151 views

TAJAM.NEWS, BANJARMASIN – Meningkatnya jumlah eksploitasi di Indonesia membuat sejumlah satwa baik flora dan fauna dilindungi terkena dampaknya. Bukan hanya, nilai segi ekonomi yang berkurang tetapi kepunahan pun juga semakin besar.

Bak jatuh tertimpa tangga, hal ini lah yang kini dirasakan pihaknya pemerhati lingkungan (Dinas Lingkungan Hidup) dalam menjaga serta mempertahankan kelestarian flora dan fauna di Indonesia dianggap masih minim kesadarannya.

Tidak hanya itu, di Indonsia ekspoitasi ini ternyata bukan hanya dilakukan dibeberapa wilayah saja baik itu hutan tropis maupun hutan yang dijadikan pusat perlindungan resmi dari pemerintah, akan tetapi, dari Kalsel pun termasuk salah satunya.

Eksploitasi di Indonesia Membuat Sejumlah Satwa Baik Flora dan Fauna Dilindungi Terkena Dampaknya

Melihat hal ini, pihaknya menyebut salah satu hewan endemik khas Kalimanan yang terkenal dengan hidung panjang dan besar yaitu Bekantan, keberadaannya sudah mulai punah bahkan memprihatikan. Maka dari itu, kesadaran dan perhatian justu jadi pemikiran utama akan hal tersebut.

Mengingat akan hal itu, Badan Bidang Lidban dan Inovasi Lingkungan Hidup, Soffian Iskandar, beberapa jenis flora dan fauna di Indonesia sudah mulai terancam punah, baik secara ekonomi lewat tanaman khas seperti Merbai dan lainnya, maupun heman endimiknya yang patut dilindungi. Akibat sempat adanya ekpolitasi secara berlebihan terjadilah mulai ada kepunahan termasuk di Kalsel.

Eksploitasi

“Padahal seperti merbai serta lainnya punyai nilai ekonomi yang luar biasa, sedangkan bekantan hewan khas kebanggaan kita saat ini keberadaannya terancam punah,” ujarnya kepada tajam.news di Sela acara Seminar Ligkungan Hidup di Nasa Hotel Banjarmasin, Senin (23/12/2019).

Selanjutnya, Ia membeberkan, upaya kongkret dalam menghadapi eksploitasi flora dan fauna di Indonesia khususnya di Kalsel perlu adanya stakeholder yang memiliki kemauan untuk bisa menjaga dan melestarikannya agar kawasan konservasi bukan hanya terjaga tetapi juga dapat memelihara demi kepentingan bersama, dengan tujuan tidak untuk merusaknya serta tak lupa pula untuk bertanggujawab.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lagi Hot