Gubernur Bahtiar Bahas Kesiapan PT TUN Makassar Sengketa Hadapi Pemilu dan Pilkada

Penjabat (PJ) Gubernur Sulawesi Selatan, Bahtiar Baharuddin, melaksanakan kunjungan silaturahmi ke Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PT TUN) yang terletak di Jalan AP Pettarani, Makassar, pada Jumat, 8 September 2023.
banner 120x600

MAKASSAR, Tajam.News – Penjabat (PJ) Gubernur Sulawesi Selatan, Bahtiar Baharuddin, melaksanakan kunjungan silaturahmi ke Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PT TUN) yang terletak di Jalan AP Pettarani, Makassar, Jumat, 8 September 2023.

Dalam kesempatan tersebut, Bahtiar Baharuddin mengungkapkan bahwa PT TUN memiliki peran penting dalam menangani sengketa pencalonan kepala daerah sesuai dengan Undang-Undang Pemilihan Kepala Daerah.

“Ini sebabnya, kami melakukan kunjungan silaturahmi ke PT TUN, dan kami berharap semuanya berjalan dengan lancar,” ucap Bahtiar.

Bahtiar juga menjelaskan bahwa selain menjabat sebagai PJ Gubernur Sulsel, ia juga masih mengepalai Direktorat Jenderal di Kementerian Dalam Negeri yang bertanggung jawab mengawasi pelaksanaan Pemilu serentak tahun 2024.

“Lebih spesifik lagi, saya telah ditunjuk oleh Presiden dan mendapat kepercayaan dari Menteri Dalam Negeri untuk memimpin Sulawesi Selatan sebagai Penjabat Gubernur,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PT TUN), Iswan Herwin, menganggap kunjungan Bahtiar Baharuddin sebagai suatu kehormatan dan juga sebagai upaya untuk saling mengenal satu sama lain.

Ia juga mengungkapkan bahwa dalam pertemuan tersebut, PJ Gubernur meminta gambaran tentang perkara yang sedang ditangani oleh Peradilan Tata Usaha Negara. Selain itu, mereka juga membahas persiapan dalam menghadapi sengketa Pemilu yang akan datang serta sengketa Pilkada.

“Secara prinsip, PT TUN sudah siap untuk menangani gugatan terkait sengketa, baik sengketa Pemilu maupun sengketa kepala daerah yang akan dilangsungkan secara serentak tahun depan,” ungkap Iswan Herwin.

Komentar Anda