oleh

IKMATOB BANJARMASIN SOAL TANAH ADAT DI TORAYA : PEMPROV DAN PUSAT HARUS TEGAS

-NASIONAL-32 views

TAJAM NEWS BANJARMASIN-
Ikatan Mahasiswa Toraja Banjarmasin (IKMATOB) Setelah memperhatikan suasana yang terjadi di Toraja Utara mengenai sengketa kepemilikan lokasi Lapangan Gembira.

Ikatan Mahasiswa Toraja Banjarmasin yang terhimpun di dalam Himpunan Mahasiswa Toraya Indonesia turut prihatin melihat keadaan yang terjadi. Setelah mendengar pandangan dari Dewan Adat Ba’Lele bahwasannya Lokasi tanah lapangan Gembira itu tidak pernah di perjualbelikan oleh Tongkonan Ba’lele.

Terkecuali di serahkan kepada Negara (Indonesia) untuk di pergunakan sebagai Kepentingan Umum. Oleh karena itu, sangat tidak masuk akal seketika tanah adat yang dulunya merupakan kepemilikan Tongkonan Orang Ba’Lele, tiba-tiba di klaim oleh orang yang bukan dari Tongkonan Ba’lele itu sendiri.

Himpunan Mahasiswa Toraya Indonesia turut prihatin melihat keadaan yang terjadi.

Memperhatikan perkembangan masalah ini sejak tahun 2017, Ketua Umum Ikatan Mahasiswa Toraja Banjarmasin (SEPTIAWAN NELVIAN) Meminta Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dan Pemerintah Pusat untuk ikut menelusuri permasalahan ini.

Jangan sampai oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab memanfaatkan situasi ini demi kepentingan pribadi. Karena apapun itu Tanah lapangan gembira ini, merupakan Tanah yang di hibahkan oleh nenek moyang dari Tongkonan orang Ba’Lele kepada Negara.

Dalam hal ini Gubernur Sulawesi Selatan (Prof Nurdin Abdullah) dan jajarannya serta Bapak Presiden Republik Indonesia (Ir. Joko Widodo) untuk memperhatikan hak-hak masyarakat Toraya maupun hak-hak Masyarakat adat di Toraja. Jangan sampai ada mafia-mafia tanah yang bermain dalam Perkara Sengketa Tanah Lapangan Gembira ini. Karena di Lokasi tersebut ada beberapa aset yang berdiri salah satunya ada SMAN 2 TORAJA UTARA. Dimana SMAN 2 TORAJA UTARA itu sendiri memiliki sertifikat asli tanah, yang di serahkan oleh pemerintah kepada pihak sekolah (SMAN 2 TORAJA UTARA)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lagi Hot