Jadwal dan Tema Debat Keempat Pilpres 2024

Jadwal dan Tema Debat Keempat Cawapres 2024 (foto: kpu.go.id)
banner 120x600

Tajam.news – Pelaksanaan Debat Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2024 yang keempat, dijadwalkan berlangsung pada Minggu (21/1/2024) oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Debat ini merupakan bagian dari rangkaian lima debat yang telah direncanakan, di mana tiga debat di antaranya dikhususkan untuk calon presiden (capres), sedangkan dua debat lainnya untuk calon wakil presiden (cawapres).

Dilansir dari situs resminya, KPU kembali menggelar rapat koordinasi bersama tim pasangan calon serta media penyelenggara debat keempat, di Ruang Sidang Utama KPU, Rabu (17/1/2024). Rapat memutus dan menetapkan beberapa hal, mulai dari lokasi, tema hingga panelis dan moderator.

Anggota KPU August Mellaz pascapertemuan menyampaikan terkait lokasi, debat keempat akan diselenggarakan di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Minggu 21 Januari 2024, pukul 19.00 WIB. Untuk tema, dilakukan penataan menjadi 6 tema, meliputi Pembangunan Berkelanjutan dan Lingkungan Hidup (tema pertama). Sumberdaya Alam dan Energi (tema kedua), Pangan (tema ketiga), Agraria (tema keempat), Masyarakat Adat (tema kelima), dan desa (tema keenam).

“Untuk penyelenggara debat, SCTV, Indosiar dan Metrotv,” ungkap Mellaz dikutip dari kpu.go.id.

Baca Juga : Viral Siswa di Hukum Menulis 1,5 Jam Karena Terlambat 3 Menit

August Mellaz juga menyampaikan bahwa beberapa panelis dan moderator saat debat keempat nanti telah menyatakan kesediannya.

“Jadi kami sudah mendapatkan nama dan kesediaan 11 orang panelis yang mewakili profil, kompetensi, pengalaman berdasarkan kebutuhan tema-tema debat. Untuk moderator juga sudah kami tetapkan, untuk debat keempat dua-duanya perempuan, pertama Retno Pinasti dari SCTV dan Sylvia Iskandar dari Metrotv,” ujarnya.

Dengan penetapan ini, KPU, tim pasangan calon serta televisi penyelenggara focus pada persiapan debat keempat di lapangan. “Nanti posisinya tinggal tim paslon, media penyelenggara dan KPU akan melaksanakan persiapan-persiapan teknis karena mulai 18 Januari 2024 sudah gladi kotor dan sebagainya,” tutup Mellaz.

Debat keempat akan melibatkan tiga calon wakil presiden, yaitu Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka, dan Mahfud MD.(*)

 

Komentar Anda