Alasan Jusuf Kalla Teguhkan Dukungan pada Anies-Cak Imin di Pilpres

Jusuf Kalla Dukung Amin

banner 120x600

Makassar, Tajam.news – Wakil Presiden RI ke-10 dan ke-12, Jusuf Kalla, dengan tegas menyatakan dukungannya terhadap pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) dalam Pemilihan Presiden 2024.

Jusuf Kalla mengungkapkan dukungannya kepada pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) dalam Pemilihan Presiden 2024 saat berbicara dalam acara silaturahmi yang diselenggarakan oleh Presidium Gerakan Rakyat Sulawesi Selatan Timnas Pemenangan AMIN, di Gedung Islamic Centre IMIM, Makassar, pada hari Selasa (19/12).

Dalam kesempatannya memberikan sambutan JK, sapaan karibnya bercerita bahwa Anies Baswedan boleh dikata adalah murid politiknya. Selama ini dirinya banyak memberikan masukan terkait permasalahan bangsa.

“Boleh dibilang saya mengajarkan politik Anies dulu di Universitas Paramadina tiap jumat kita makan siang sama-sama. Dan saya memberikan mereka isu-isu dan pengalaman politik tiap jumat. Dari situ saya mengerti bahwa Anies cepat mengerti persoalan dan memberi dasar pengetahuan untuk menyelesaikannya,” ujarnya.

Bagi JK, menjadi presiden tidaklah mudah. Harus tangguh dan memahami banyak hal terutama terkait dengan ekonomi.

Pasalnya, kata dia, ekonomi dunia menjadi tidak terkendali atau menurun dikarenakan banyaknya konflik peperangan antar negara. Makanya, Indonesia membutuhkan pemimpin yang paham dasar-dasar ekonomi.

“Dunia lebih sulit lima tahun akan datang, ekonomi dunia sulit akibat perang di Gaza, Ukraina, belum lagi China dan Amerika yang saling bertentangan. Demikian juga Eropa. Jadinya ekonomi dunia menurun,” ujar JK.

“Laporan terakhir, ekspor kita menurun. Jadi kita pilih presiden yang tidak mau asal belanja. Karena itu, presidennya harus mengerti dasar-dasar ekonomi. Dan saya yakin yang memiliki dasar yang kuat tamatan ekonomi cuman Anies,” tandasnya.

Ditegaskan JK, cuman Anies yang kredibilitasnya teruji. Sebagaimana mantan Guberner DKI Jakarta itu tidak pernah diberitakan karena korupsi. Bahkan, ketika ada yang mencoba untuk mengaikatnya dengan kasus korupsi seperti Formula E, itu akhirnya gagal.

“Karena memang tidak ada soal di Formula E itu. Jadi integritasnya, kemampuan berpikir logika bagus, pengalaman, alhamdulillah ada banyak yang bagus. Karena itu maka kita kalau ingin membawa bangsa ini ke tempat yang baik harus pilih Anies,” tegasnya.

Menurut JK, pernyataan sikap politiknya kali ini adalah sesuatu yang objektif secara pribadi. Sekalipun, dirinya memiliki batasan-batasan karena tidak lagi aktif di banyak kegiatan politik.

Namun demikian, ditegaskan tokoh bangsa asal Sulsel ini, dirinya akan salah jika tidak menyampaikan sesuatu yang baik.

“Jadi malam ini, di Makassar ini, saya menyampaikan sikap. Mudah-mudahan ada manfaatnya untuk anda semua,” ungkapnya.

Dalam acara silaturahmi tersebut, kehadiran langsung dari Executive Captain Timnas Pemenangan AMIN, Sudirman Said, turut disertai dengan kehadiran Jubir Timas Pemenangan AMIN, Said Didu, dan Muhammad Ramli Rahim.

Sudirman Said menyatakan terima kasih atas kehadiran Pak Jusuf Kalla untuk memberikan nasehat kepada relawan penggerak gerakan rakyat. Sudirman tak menyangka bahwa Pak JK akan mengumumkan dukungannya dalam kegiatan tersebut.

Sementara itu, Muhammad Ramli Rahim menyatakan rasa kebanggaannya atas dukungan terbuka yang dinyatakan oleh Jusuf Kalla. Menurut Presidium Nasional Gerakan Rakyat, pernyataan tersebut akan menjadi penguatan signifikan bagi Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) dalam meraih kemenangan pada Pemilihan Presiden 2024.

“Saya sebagai Presidium Nasional bangga karena dalam kegiatan silaturahmi yang digelar oleh Presidium Gerakan Rakyat, Pak JK menyatakan dukungan terbuka kepada Anies-Muhaimin untuk pertama kalinya,” tegasnya. (*)

Komentar Anda