oleh

Kembangkan potensi tanaman Teratai, Dispersip Kalsel hadirkan tiga Srikandi

-Ekonomi-46 views

TAJAM.NEWS ,BANJARMASIN- Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) adakan Talkshow Virtual “Teratai Bunga Rawa Sejuta Pesona”.

Kegiatannya ini dilaksanakan di Perpustakaan Palnam Via Zoom, pada Senin 7 September 2020.

Kepala Dispersip Kalsel Dra Hj Nurliani Dardie M.AP, mengatakan
Perpustakaan Palnam ini Berbasis Inklusi Sosial yang merupakan perpustakaan yang memfasilitasi masyarakat dalam mengembangkan potensinya dengan melihat keragaman budaya, kemauan untuk menerima perubahan, serta menawarkan kesempatan berusaha, melindungi dan memperjuangkan budaya dan Hak Asasi Manusia.

Salah satu produknya adalah bipang biji teratai (Ulatih)

Kalimantan Selatan memiliki potensi lahan rawa yang sangat menjanjikan baik rawa pasang surut maupun rawa lebak. Salah satu sumber daya alam lahan rawa yang belum dimanfaatkan secara optimal ialah tanaman teratai, padahal teratai adalah bunga rawa sejuta pesona.

Tanaman air jenis teratai mempunyai tampilan yang khas serta jenisnya yang sangat beragam. Saat ini masyarakat Kalsel hanya memanfaatkan bijinya saja, biji Talipuk sebutan akrab tanaman teratai oleh warga Hulu Sungai Utara (Amuntai) dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan makanan khas yaitu Bipang Talipuk.

“Oleh karena itu, kami menghadirkan 3 Srikandi Rawa di Talkshow Virtual kali ini 3 Srikandi Rawa yang merupakan peneliti tanaman teratai di Kalimantan Selatan, mereka adalah Dr. Ir. Rita Khairina M.P (Dosen Prodi Teknologi Hasil Perikanan FPK ( ULM) dan Dr. Yuspihana Fitrial, S.Pi., M.Si Dosen Prodi Teknologi Hasil Perikanan FPK ULM, serta Bakti Nur Ismuhajaroh, S.P., M.P Dosen Prodi Agronomi Faperta ULM/Kandidat Doktor Mahasiswa S3 dari Faperta UGM,”ujar Bunda Nunung Sapaan akrabnya Kadispersip Kepada tajam.news Kamis (10/9).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lagi Hot