PEDAS! Mahfud MD Sebut Gibran ‘Anak Haram Konstitusi’

Mahfud Md sebut Gibran 'Anak Haram Konstitusi'(Yt: Mahfud MD Official)
banner 120x600

Tajam.news – Mantan Menko Polhukam Mahfud MD mengakui pencawapresan Gibran Rakabuming sudah final meski ada putusan dari Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP).

“Kasus Gibran secara hukum tertulis itu sudah selesai bahwa dia sah menjadi calon,” kata Mahfud Md di acara ‘Tabrak Prof’ yang diunggah pada kanal youtube Mahfud MD Official, Rabu (7/2/2024).

Cawapres nomor urut 3, Mahfud MD, menerangkan bahwa hukum itu ada dua tingkatan. Walaupun kasus Gibran secara hukum formal menyatakan bahwa Gibran sah menjadi calon cawapres, Namun menurut Mahfud hukuman sosial tetap ada dimasyarakat.

“Okelah hukum formal tidak mencakup, tapi kalau setiap orang mengatakan, eh ini anak haram konstitusi, itukan hukuman sosial di tengah masyarakat,” ujar Mahfud.

“ini pendaftarannya karena menurut hukum bunyinya begini putusan mahkamah konstitusi yang sudah diputuskan diketok dengan palu yang sah itu berlaku sejak tanggal ditetapkan,”tambahnya.

Baca Juga : Hotman Paris Kritik Pernyataan Ahok Soal Jokowi Tak Bisa Kerja

Menurut Mahfud, etika berkaitan dengan moral meskipun Gibran tidak dihukum secara formal, namun ia akan mendapat hukuman moral lewat pengucilan sosial, cibiran masyarakat yang tidak akan pernah terhapuskan seumur hidup.(*)

 

Komentar Anda