Masuk Tahun 2024 : Jepang Diguncang Gempa 7.6 SR

dok : Akun X @hioooomn
banner 120x600

Tajam.news – Memasuki awal Tahun 2024 Jepang Diguncang Gempa 7.6 SR. Dilansir dari situs jma.go.jp yang merupakan Badan Meterologi Agency jepang, pada data Gempa Jepang hari ini, 1 Januari 2024 dilaporkan berkekuatan 7.6 Skala Richter terjadi pukul 15:24 pada daerah Noto di prefektur Ishikawa dan memicu peringatan tsunami.

Menurut data JMA (Japan Meteorological Agency) Gempa yang terjadi pada tanggal 1 januari 2024 dideteksi bermula di Lepas pantai Timur Prefektur Aomori pukul 07:15 berkekuatan 3.5 Skala Richter, selanjutnya terjadi pada daerah Noto di Prefektur Ishikawa berkekuatan 5.7 SR pukul 15.10. dan pada pukul 15:24 pada Daerah Noto di Prefektur Ishikawa berskala 7.6 SR. Setelah itu, gempa Jepang hari ini diikuti dengan beberapa kali gempa susulan.

Badan Meteorologi Jepang telah mengeluarkan peringatan tsunami di sepanjang wilayah pesisir barat prefektur Ishikawa, Niigata, Toyama, dan Yamagata. Tsunami setinggi hingga 5 meter diyakini mencapai Noto di Prefektur Ishikawa.

Gempa besar yang mengguncang prefektur Ishikawa dan sekitarnya di Jepang tersebut menyebabkan kerusakan yang parah. Sejumlah bangunan dilaporkan ambruk, jalan-jalan rusak parah, gempa ini memutuskan aliran listrik ke ribuan rumah dan mengganggu penerbangan, serta layanan kereta api di wilayah terdampak.

Baca Juga : https://tajam.news/kisah-pilu-zohara-pengungsi-rohingya/

Sekilas tentang prefektur di Jepang.
Setiap negara memiliki pembagian wilayah yang berbeda-beda, termasuk Jepang. Di Jepang misalnya, salah satu istilah pembagian wilayahnya yang populer digunakan dan resmi adalah prefektur.

Prefektur di Jepang adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan wilayah administratif yang posisinya tepat di bawah tingkat nasional. Jika dilihat dari tingkatannya, prefektur bisa dibilang sama dengan tingkatan provinsi di Indonesia.

Dikutip dari id.emb-japan.go.jp, Jepang terdiri dari 47 prefektur. Berdasarkan keadaan geografis dan sejarahnya, 47 prefektur ini dapat dikelompokkan menjadi sembilan kawasan yaitu : Hokkaido, Tohoku, Kanto, Chubu, Kinki, Chugoku, Shikoku, Kyushu, dan Okinawa.

Penduduk Jepang berjumlah 127 juta orang, menduduki tempat ke-9 di dunia dalam hal jumlah penduduk terbanyak di dunia. Karena jumlah penduduknya cukup banyak dibandingkan dengan luas daratannya, maka rata-rata kepadatan penduduknya cukup tinggi yaitu 342 orang per 1 km2. Angka ini jauh lebih besar daripada Amerika Serikat (29), dan Prancis (107), dan kurang-lebih sama dengan Belgia (333).

Komentar Anda