Pelaku Ancam Tembak Anies Baswedan , Terancam Kena Pasal 29 UU ITE Tahun 2023

Kepala Divisi Humas Mabes Polri, Irjen Sandi Nugroho (foto:IG @divisihumaspolri)
banner 120x600

Tajam.News – Pelaku yang menulis komentar yang berisi ancaman untuk menembak Capres Nomor urut 1 Anies Baswedan, terancam Kena Pasal 29 UU ITE Tahun 2023. Kadiv Humas Polri Irjen Pol. Dr. Sandi Nugroho, S.I.K., S.H., M.Hum., Menyampaikan hal tersebut melalui akun Instagram @divisihumaspolri.

“Polri melalui jajaran Direktorat Siber Bareskrim Polri dengan Polda Jawa Timur berhasil mengamankan pelaku ancaman penembakan salah satu calon presiden di media sosial,” ujarnya.

Selanjutnya, “Pelaku terancam dikenakan Pasal 29 UU ITE Tahun 2023 dengan ancaman pidana selama 4 tahun atau denda maksimal Rp 750 juta sesuai Pasal 45B UU ITE Tahun 2016. Polri mengimbau masyarakat untuk ikut menjaga situasi kamtibmas dengan bijak dalam bermedia sosial,” tambah Irjen Sandi.

Baca Juga : Ganjar Pranowo Makan Bersama Personel Slank , Gitaris Abdee Tidak Ada

Sebelumnya diwartakan, Pria berinisial AWK (23), pelaku pengancaman penembakan kepada calon presiden (capres) nomor urut 1. Berhasil ditangkap di Jember, Jawa Timur, sekitar pukul 09.30 WIB, Sabtu (13/1/2024).

Pelaku pemilik akun TikTok @calonistri7600 dengan inisial AWK ditangkap berkat tim gabungan Subdit Siber Ditkrimsus Polda Jatim dan Dit Siber Bareskrim Polri.

Pelaku telah mengakui pernah menulis komentar yang berisi ancaman untuk menembak Capres Nomor urut 1 Anies Baswedan . Penyidik akan terus melakukan pendalaman untuk memastikan motif dan latar belakang dari ancaman yang dilakukan oleh pelaku.

Berdasarkan hasil pendalaman, pelaku ancam tembak Anies Baswedan tidak terafiliasi dari paslon Presiden atau Parpol lainnya. (*)

Komentar Anda