oleh

Pengamat Hukum: Investor Asing dan Grab Tidak Boleh Rugikan Pengusaha Lokal

-NASIONAL-39 views

TAJAM.NEWS, BANJARMASIN- Keputusan Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) yang memutus bersalah Grab dalam kasus monopoli dinilai tidak akan mengganggu investasi asing di Indonesia. Justru dengan keputusan ini menjadi bukti tegaknya hukum di tanah air.

Pengamat Hukum Bisnis Universitas Sebelas Maret Surakarta DR Yudho Taruno Muryanto telah menilai keputusan KPPU tersebut tentu telah didasari juga oleh fakta yang kuat dan sudah melalui proses persidangan yang terbuka. Namun keputusan itu justru akan menjadikan presiden baik karena memberikan jaminan adanya persaingan yang sehat dalam kegiatan bisnis di Indonesia.

Jadi selama mereka melakukan usaha di Indonesia mereka harus tunduk terhadap UU

“Dalam konteks persaingan usaha pada prinsipnya Undang-Undang (UU) ini mengatur untuk kepentingan antara para pelaku usaha. Pelaku usaha itu bisa orang perorangan, badan usaha, kelompok atau asosiasi. Dalam konteks kasus ini ada beberapa pelaku usaha yang dalam tanda kutip merasa ada diskriminasi,” ujar Yudo dalam rilis tertulisnya, Minggu (5/7).

Ia menyampaikan, setiap pelaku usaha harus tunduk pada UU persaingan usaha tersebut. Karena aturan tersebut akan memberikan jaminan dan kepastian bahwa kegiatan bisnis telah dijalankan secara sehat dan fair.

“ Jadi selama mereka melakukan usaha di Indonesia mereka harus tunduk terhadap UU. Tidak peduli lokal atau asing ya harus tunduk pada UU,”ungkapnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lagi Hot