oleh

PESONA WISATA BUDAYA RUMAH BETANG TUMBANG GAGU DI PEDALAMAN KOTIM

-WISATA UMUM-70 views

TAJAM NEWS SAMPIT-
Kabupaten Kotawaringin Timur ternyata menyimpan berbagai potensi pariwisata yang cukup menakjubkan, tidak hanya di seputaran Kota Sampit saja namun juga di kawasan pedalamannya.

Salah satunya adalah obyek wisata budaya huma betang yang merupakan rumah panjang khas Suku Dayak pedalaman yang terletak di Desa Tumbang Gagu yang merupakan desa terujung paling hulu di kawasan utara Kotim yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Katingan.

Betang Tumbang Gagu yang termasuk di wilayah Kecamatan Antang Kalang Kotim ini berada sekitar 190 km dari Kota Sampit, dapat di capai dengan menggunakan transportasi darat dan sungai yang memakan waktu sekitar 5 jam perjalanan.

obyek wisata budaya huma betang yang merupakan rumah panjang khas Suku Dayak pedalaman

Sepanjang perjalanan kita akan disuguhi panorama alam yang menarik dan juga akan melewati beberapa riam ganas yang cukup menantang.

Pembangunan Betang Tumbang Gagu ini di mulai pada tahun 1870 dan baru selesai pada tahun 1878, pembangunannya dirintis oleh Singa Jaya Antang bin Lambang, Pangkong Iding, Tuyang Busou, Boruk Dowut dan Lambang Dadu.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lagi Hot