oleh

Resmi Beroperasi Lagi, Pasar Terapung Kuin Alalak Marwah Dagang di Sungai Martapura

TAJAM.NEWS, BANJARMASIN – Sempat mati suri. Pasar terapung Alalak kini telah resmi beroperasi, Sabtu (11/01/20). Bahkan, terealisasinya hal tersebut merupakan bentuk perwujudan permintaan masyarakat kepada Pemko Banjarmasin. Mengingat nilai marwahnya sebagai pusat perekonomian dagang di sungai tersebut.

Pasar terapung Kuin Alalak sempat mengalami kejayaan dimasa itu. Bahkan, sempat menjadi iconic di salah satu statiun TV Swasta di Jakarta. Namun, karena sudah tergerus dengan banyaknya wisata susur sungai lainnya membuat aktivitas jual belinya dipasar ini terhenti.

Untuk mengembalikan kejayaan tersebut, maka, atas permintaan masyarakat serta dorongan dari pihak Kecamatan di wilayah tersebut akhirnya Pasar Terapung Kuin Alalak pun kembali beroperasi dan langsung diresmikan oleh Walikota, Ibnu Sina.

Pasar Terapung Alalak Telah Resmi Beroperasi

Menurut, Walikota Banjarmasin, Ibnu Sina, Pemko Banjarmasin beserta dorongan masyarakat dan kecamatan agar taraf hidup masyarakat dapat sejahtera, Ia kembali menghidupkan pasar terapung yang selama ini sempat terhenti aktivitasnya akibat sepinya pengunjung.

Namun, karena sudah resmi beroperasi dirinya berharap pasar yang bisa meningkatkan kesejahteraan bahkan sentral perekonomian masyarakat pinggiran sungai ini dapat terwujud.

“Pasar terapung yang asli sebelumnya disini bukan di sungai martapura itu, serta mudah-mudahan dapat menambah geliat pariwisata di Banjarmasin,” ujarnya kepada tajam.news usai peresmian Pasar Terapung Kuin Alalak, di Dermaga Kuin depan Makam Sultan Suriansyah, Sabtu (11/01/20).

Kemudian, Ia mengungkapkan, bukan hanya dapat meningkatkan kesejahteraan perekonomian bagi penjual saja tetapi juga memudahkan masyarakat yang berada di wilayah tersebu bisa lebih mudah untuk melakukan aktivitas jual belinya tanpa harus ke Pasar Terapung lainnya.

“Baik dari Alalak Utara, Selatan dan tengah termasuk juga Alalak Berangas bisa lebih memudahkan dan tak jauh untuk datang kesini,” jelasnya.

Pada peresmiannya itu, Ibnu juga berharap dapat menjadi agenda rutin masyarakat untuk dapat menarik pengunjung sehingga para wisatawan pun dapat dengan mudah bisa berkunjung di wilayah tersebut.

“Mudahan ini jadi agenda rutin mereka sehingga dapat menarik lagi para wisatawan untuk berkunjung ketempat ini karena suasananya penuh tepi air,” ungkapnya.

Pasar Terapung

Tak hanya itu, dirinya menyebut untuk konsep tidak jauh berbeda dengan pasar terapung lainnya, bahkan, dalam hal ini, Ibnu menginginkan dapat mengembalikan tranportasi sungai sebagai iconic dari wisata tersebut guna sensasi yang dirasakan oleh wisatawan nantinya sesuai dengan ekspektasi yang ada.

Pasar Terapung Alalak Merupakan Pusat Perekonomian Dagang Masyarakat Banjarmasin

“Nanti bakal menampilkan Jukung Tambangan, tempatnya akan diperbaiki dan dicat ulang, agar bagus penampilannya,” tuturnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar

Lagi Hot