oleh

Ritual Nyorat, Eratnya Kebersamaan Keluarga Menghantarkan Almarhum Menuju Alam terakhir

-Kalteng-86 views

TAJAM.NEWS, SAMPIT-
Pesona kekayaan budaya dan kearifan lokal Suku Dayak sebagai suku asli Pulau Kalimantan seakan tiada habisnya, seperti Ritual Nyorat yang puncaknya dilaksanakan di Dusun Dukuh Sati Desa Tanah Putih Kecamatan Telawang Kabupaten Kotawaringin Timur, Minggu 9 Agustus 2020.

Kata Nyorat berasal dari bahasa Dayak Ot Danum yang berarti ritual kematian.

Upacara unik ini telah dilaksanakan secara turun temurun, pada prosesi ini kendati memiliki perbedaan yang cukup signifikan dengan ritual kematian daerah Kahayan, namun secara esensial memiliki kesamaan makna filosopis.

Keyakinan akan hakikat kematian tersebut menjadikan ritual kematian suku Dayak Kaharingan menjadi ritual yang unik

Roh almarhum diupacarai dengan tujuan menghantarkannya menuju alam terakhir.Ini karena umat Hindu Kaharingan meyakini bahwa ritual kematian adalah salah satu yang utama dan sakral dimana melalui jalan inilah manusia akan kembali kepada Nya.

Keyakinan akan hakikat kematian tersebut menjadikan ritual kematian suku Dayak Kaharingan menjadi ritual yang unik dimana kesedihan dan sukacita berbaur menjadi satu.

Rasa sedih kehilangan salah satu anggota keluarga kemudian dimaknai dengan sukacita untuk menghantarkannya ke tempat sempurna.

Ini seperti Ritual Nyorat almarhum Madi yang dilaksanakan di Dusun Dukuh Sati Desa Tanah Putih Kecamatan Telawang Kotim.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lagi Hot