oleh

Samsung Terjun Bebas di Pasar Smartphone Indonesia Q3

-TEKNOLOGI-157 views

Tajam.Tekno, Pengiriman (shipment) telepon seluler di Indonesia tercatat positif. Firma riset Counterpoint Research membongkar pengiriman telepon seluler ke Indonesia naik 7 persen pada kuartal III-2019.

Pertumbuhan ini didongkrak oleh para vendor yang jor-joran mempromosikan produknya di retail online ataupun offline.

Meskipun demikian, pengiriman tak sama dengan penjualan. Karena barang yang sudah dikirim belum tentu seketika terjual. Masih sama dengan sebagian kuartal sebelumnya, empat dari lima besar telepon seluler di Indonesia dibatasi oleh vendor asal China.

Pangsa pasarnya menempuh 65 persen dari sempurna volume telepon seluler yang beredar di Tanah Air. “Ini yaitu pangsa pasar terbesar vendor China di Indonesia, menghimpit pangsa pasar merek lokal menjadi satu digit,” terang analis Counterpoint Research, Parv Sharma.

Peringkat pertama masih dibatasi oleh Samsung sebagai pemenang bertahan, dengan pangsa pasar 22 persen, naik tipis satu persen dari jangka waktu yang sama tahun lalu.

Penjualan lini telepon seluler Galaxy A series disebut menjadi kunci pertumbuhan pangsa pasar Samsung di Indonesia. Sepanjang tahun 2019, Samsung memang terbilang rajin merilis Galaxy A series di Indonesia.

Posisi kedua dihuni oleh Xiaomi dengan pangsa pasar 20 persen, naik 2 persen dari jangka waktu yang sama tahun lalu. Berdasarkan Counterpoint Research, Redmi Note 7 menjadi telepon pintar paling laris Xiaomi di Indonesia yang ditiru oleh Redmi 7A.

Xiaomi memproduksi 10 juta telepon seluler di Indonesia yang dipasarkan secara online ataupun offline. Mereka juga memperkuat layanan purna jual dengan menyebar 40 Mi Store di Indonesia. “Indonesia menjadi salah satu pasar kunci Xiaomi untuk mendongkrak pertumbuhan global,” ujar Sharma.

samsung terjun bebas

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lagi Hot