oleh

Siagakan DBD, Dinkes Banjarbaru Himbau Bahayanya

-Daerah-58 views

TAJAM.NEWS, BANJARBARU – Guna mencegah kembali timbulnya korban demam berdarah dengue (DBD) yang disebabkan oleh nyamuk Aides Agypt. Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Banjarbaru, siagakan masyarakat dengan sosialisasi keseluruh kecamatan hingga kelurahan.

Hal ini dilakukan untuk dapat mengedukasi masyarakat agar selalu bisa menjaga kebesihan dengan maksimal, bahkan, Dinkes Kota Banjarbaru terus mensosialisasikan penerapan 3 M plus guna terhindar dari perkembang biakan nyamuk berbahaya itu.

Bahkan, serangan hewan kecil penyebar penyakit mematikan ini yang disuntikkannya melalui mulut nyamuk ini sering dikenal dengan nyamuk Aides Agypt yang muncul setiap musim penghujan alias berakhirnya musim kemarau.

Pencegahan Penyakit DBD yang Disebabkan oleh Nyamuk Aides Agypt

Kepala Seksi Pencegahan, Pengawasan dan penularan Dinkes Kota  Banjarbaru, Siti Khadijah, mengungkapkan, saat ini pihaknya sudah melakukan beberapa sosialisasi diberbagai tempat baik penyuluhan dari Puskesmas, Kecamatan hingga kelurahan.

“Bukan itu saja, kami juga memasang spanduk edukasi tentang bahaya DBD disepanjang perkotaan dan ditempat lainnya,” ujarnya kepada tajam.news diruang kerjanya, Selasa (24/12).

DBD

Selanjutnya, Ia membeberkan, bahaya dalam menimbun ternyata bukan alternanif yang baik untuk pencegahannya, bahkan, dirinya menyarankan agar bisa didaur ulang untuk pemanfaatan lainnya.

“Kaya plastik atau ban tidak ramah lingkungan jangan dikubur akan tetapi didaur ulang saja,” ungkapnya.

Penerapan 3 M plus Guna Terhindar dari Penyakit DBD

Kemudian, Ia membeberkan, bahwa sarang nyamuk untuk bertelur pun ternyata bukan hanya didalam bak mandi saja tetapi bisa ditempat lembab sekali pun.

“Betul, keset basah pun juga bisa membuat nyamuk bertelur jadi tak hanya didalam penampungan air saja,” tuturnya.

Menurut Khadijah, hal terpenting yang mesti dilakukan saat ini bukan hanya 3 M plus saja yang diterapkan, namun, pihaknya berharap akan kesadaran masyarakat untuk tetap berperilaku hidup bersih dan sehat.

“Iya benar, menimbun sampah juga bisa buat nyamuk berkembang baik apalagi tempatnya lembab dan kami minta kesadaran masyarakat juga diperlukan,” ucapnya.

Selanjutnya, Ia menjelaskan, untuk itu dari pencegahan datangnya nyamuk Aides Agypt ini harus terus digalakkan, mulai dari pemberian bubuk abate agar tak bertelur sekaligus selalu diingatkan kemasyakarat selalu menutup penampungan yang rapat supaya nyamuk tersebut tidak bisa berkembang biak.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lagi Hot