oleh

Soto Banjar Makanan Khas Suku Banjar ( Kalsel )

-KULINER-114 views

TAJAM.NEWS, – Soto Banjar panganan asli suku Banjar yang berada di provinsi Kalimantan Selatan berbahankan utama daging ayam dan ketupat,  khusus yang terbuat dari beras yang di masukan kedalam wadah berbahan daun kelapa yang di anyam, (28/12).

Panganan khas Banjar tersebut sangat mudah di temukan di Banjarmasin, di pinggiran jalan bahkan sampai kerumah makan besar menyediakan menu khas tersebut.

Soto Banjar Salah Satu Menu Makanan Kuliner yang Ada di Banjarmasin

Namun tidak semua rumah makan menyediakan menu soto Banjar karena proses pembuatannya yang terbilang rumit dan harus dengan keahlian khusus untuk memasaknya terlebih dahulu di karenakan bahan dan rempah rempah yang harus terpenuhi jumlah dan takarannya.

Untuk membuat soto Banjar di perlukan seekor ayam kampung asli untuk di jadikan kaldu kuah soto Banjar tersebut agar aroma dan rasanya lebih enak dan gurih.

Soto Banjar

Sedangkan untuk kuahnya terdiri dari campuran rempah rempah yang di satukan kedalam wadah khusus ( kain ) yang di masukan ke dalam panci, kayu manis ,biji pala ,kapulaga , jintan ,cengkih dan  kadang di tambah dengan susu agar kuah soto Banjar terlihat keruh ( tidak bening ) di tambah lagi dengan potongan pastel yang terbuat dari kentang atau singkong.

Soto Banjar lebih enak di makan bersamaan  dengan sate ayam, sehingga menimbulkan cita rasa yang khas dan nikamat, apalagi di santap saat musim penghujan di karenakan soto Banjar di sajikan saat masih panas dan segar, di tambah toping seperti irisan telor itik dan taburan bawang goreng dan daun bawang yang akan menambah cita rasanya.

Editor : Ed

Foto : Net

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lagi Hot