oleh

Taspen Bayar Pensiun ke-13 PNS mulai 10 Agustus 2020

-NASIONAL-387 views

TAJAM.NEWS BANJARMASIN-
Kabar gembira untuk para penerima pensiun disaat kondisi pandemi Covid-19, PT TASPEN (PERSERO) Kantor Cabang Banjarmasin akan membayarkan Gaji ke-13 Pensiunan Tahun 2020 kepada penerima pensiun melalui kantor bayar perbankan dan pos mulai tanggal 10 Agustus 2020. Adapun jumlah penerima pensiun di wilayah kerja TASPEN Banjarmasin adalah sejumlah 49.017 orang yang tersebar di Provinsi Kalimantan Selatan.

Ditemui di tempat kerjanya, Branch Manager TASPEN Banjarmasin Ibu Elflina Juliati Hutasoit, menyampaikan bahwa pembayaran Pensiun ke-13 ini adalah sesuai Peraturan Menteri Keuangan (PMK) nomor 10/PMK.05/2020, yang merupakan turunan dari Peraturan Pemerintah (PP) nomor 44 tahun 2020 tentang Pemberian Gaji, Pensiun, atau Tunjangan Ketiga Belas Kepada Pegawai Negeri Sipil, Prajurit Tentara Nasional Indonesia, Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, Pejabat Negara, dan Penerima Pensiun atau Tunjangan.

Ditengah Pandemi COVID-19 saat ini, TASPEN memiliki protokol kesehatan dalam memberikan layanan kepada pesertanya. Melalui program “TASPEN PESONA”

Mendasari peraturan diatas dijelaskan juga bahwa dasar pembayaran Pensiun ke-13 adalah Gaji Pensiun bulan Juli 2020, sehingga bagi PNS yang pensiun terhitung mulai 1 Agustus 2020, maka pembayaran Pensiun 13 dilakukan oleh instansi aktif saat menjadi PNS. Ketentuan besaran pensiun ke-13 terdiri dari pensiun pokok, tunjangan keluarga, dan/atau tunjangan tambahan penghasilan, dan tidak dikenakan iuran dan/atau potongan lain berdasarkan ketentuan perundang-undangan, kecuali potongan Pajak Penghasilan. Bagi Penerima Pensiun dan Penerima Tunjangan yang menerima lebih dari satu penghasilan yang sama-sama bersumber dari APBN, hanya diberikan salah satu yang lebih menguntungkan.

Pensiun ke-13 Tahun 2020 tidak diberikan kepada Pejabat Negara yang masih aktif, bilamana Pejabat Negara dimaksud juga sebagai Penerima Pensiun (Pensiun Sendiri/Pensiun Janda/Duda) maka berhak menerima Pensiun 13 pada pensiunnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lagi Hot