oleh

UN Tak di Hapus, di Ganti EKM/SK Penentu Kelulusan Sekolah di 2021

-Daerah-112 views

TAJAM.NEWS, BANJARBARU – Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Banjarbaru mengklem tidak ada penghapusan UN di 2021. Terkait itu, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Banjarbaru, H Muhammad Aswan pun angkat bicara.

“Sebetulnya tidak ada penghapusan UN akan tetapi hanya ganti nama saja, jadi di 2021 mendatang Esesmen Kompetensi Minimum dan survey karakter yang ada nanti,” ungkapnya usai pelaksaan apel pagi di halaman Kantor Disdik Kota Banjarbaru, Kamis (19/12).

Menurut Aswan, hakikat adanya Ujian Nasional (UN) tersebut memang memiliki tujuan penting dalam setiap evaluasi pembelajaran siswa, tetapi karena adanya perubahan bentuk dan nama (EKM/SK) maka pihaknya akan melakukan penyesuaian terlebih dahulu.

“Cuman ada perbedaan sedikit dari soal-soal sebelumnya yang bersifat pilihan ganda dan lain-lain yang selalu dijumpai pada saat UN berlangsung,” tuturnya.

Dinas Pendidikan Kota Banjarbaru Mengklem tidak Ada Penghapusan UN di 2021

Meski demikian, didalam penilaian EKM/SK sebagai pengganti UN ini, Disdik Banjarbaru memberikan bocoran terkait pencanangan program resmi dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Nadiem Makarim itu tentang Survey Karakter atau SK.

UN

“Nah, salah satunya nanti akan ada penilaian perkembangan karakter, jadi bukan hanya prestasi dibidang akademik saja sebagai prioritas utama,” ucapnya.

Selanjutnya, Ia juga menyampaikan, untuk bidang Esesmen Kompetensi Minimal (EKM), program yang lebih mengedepankan siswa dalam hal penalaran, baik literasi numerisasi.

“Maksudnya lebih kepada keanalisisan siswa terhadap pembelajaran Bahasa dan Matematika,” ungkapnya.

Bahkan, Aswan kembali menjelaskan, untuk survey karakter sendiri ternyata juga berpengaruh dan penting terhadap kelulusan siswa nantinya, apalagi, di Kota Banjarbaru sendiri sudah melakukan serta penerapkan hal tersebut.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar

Lagi Hot