Viral, Warga Beri Label Baliho Caleg sebagai “Tersangka Penusukan Pohon”

Video Viral baliho dilabeli "tersangka penusukan pohon" (Sc:TikTok @taneyan_lanjhang)
banner 120x600

Tajam.news – Sebuah video memperlihatkan dua orang warga yang memberikan label “tersangka penusukan pohon” di baliho caleg beredar viral di media sosial.

Video adanya baliho caleg di pohon tersebut dibagikan oleh akun TikTok @taneyan_lanjhang pada Kamis (11/1/2024). “hehe, jangan tempel baliho sembarangan para calon”, tulis akun tersebut dipostingannya.

Dalam tayangan videonya, terlihat dua warga memberikan label tersangka penusukan pohon itu dengan cat semprot berwarna hijau yang disematkan di atas baliho.

Tampak pada Baliho itu menampilkan para caleg dari DPR RI, DPRD Provinsi, hingga DPRD Kabupaten/Kota dari berbagai partai peserta pemilu.

Jika Dilihat dari tulisan di baliho, video tersebut diambil di wilayah DKI Jakarta , yang mencakup daerah pemilihan (dapil) DKI Jakarta 3 yang meliputi Jakarta Barat, Jakarta Utara, dan Kepulauan Seribu.

Hingga artikel ini ditulis, sabtu (13/1/2024), video tersebut telah dilihat sebanyak 3,5 juta kali.

Baca Juga : Presiden Jokowi Goyang Gacor Bersama WNI di Vietnam

Aturan Pemasangan Bahan Kampanye

Menurut Peraturan KPU (PKPU) Nomor 15 Tahun 2023 tentang Kampanye Pemilu, bahan kampanye dapat disebarkan, ditempelkan, dan dipasang saat pertemuan terbatas, pertemuan tatap muka, dan/atau rapat umum.

Ada sejumlah tempat yang dilarang ditempel bahan kampanye. Merujuk Pasal 70 PKPU Nomor 15 Tahun 2023, tempat-tempat yang dilarang itu yakni: tempat ibadah; rumah sakit atau tempat pelayanan kesehatan; tempat pendidikan, meliputi gedung dan/atau halaman sekolah dan/atau perguruan tinggi; gedung atau fasilitas milik pemerintah; jalan-jalan protokol; jalan bebas hambatan; sarana dan prasarana publik; dan/atau taman dan pepohonan. (*)

 

 

Komentar Anda