Viral Video Ban Mobil Jokowi Diduga Bocor, Cek Faktanya

Presiden Jokowi inspeks jalan, Inpres Jalan Daerah (Foto : tangkapan layar)
banner 120x600

Tajam.news – Viral di media sosial tayangan video mobil Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) diduga mengalami ban bocor. Terlihat Jokowi sedang berjalan kaki di salah satu ruas jalan, sambil melambaikan tangan kepada masyarakat. Beberapa Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) juga terlihat berjaga di sekitar Jokowi.

Diunggah oleh Instagram @innovacommunity, Tampak Paspampres sedang memeriksa keadaan Ban mobil dinas Presiden Jokowi kemudian terlihat Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Menteri PUPR) Basuki Hadimuljono berjalan melewati mobil Dinas Presiden. Basuki Hadimujono kemudian menghampiri Presiden Jokowi yang sudah duluan turun dari mobil dinasnya. Dalam Keterangan video yang diunggah oleh Instagram @innovacommunity, video tersebut didapatkan dari Tiktok @qoril48.

Dari Pantauan Tajam.news Presiden Joko Widodo kala itu berada di Kabupaten Blora, Provinsi Jawa Tengah, Selasa (23/1/2024).

Dilansir dari video unggahan kanal youtube resmi Sekretariat Presiden, Presiden Jokowi berada di Kabupaten Blora untuk meresmikan ruas jalan Inpres Jalan Daerah (IJD). Ruas jalan tersebut merupakan jalan provinsi yang menghubungkan Kabupaten Grobogan dengan Kabupaten Blora. Jalan tersebut juga sebagai jalur alternatif tengah, di antara jalan pantau utara (Pantura) dan jalan pantai selatan (Pansela).

Terlihat dalam video Presiden Jokowi didampingi oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono sedang inspeksi jalan tersebut. Dimana lokasi tersebut tempat yang di duga mobil dinas Jokowi mengalami masalah dengan ban.

Baca Juga : Presiden Jokowi Goyang Gacor Bersama WNI di Vietnam

Hal ini diperkuat dengan baliho caleg yang tampak dalam video unggahan Instagram @innovacommunity dan terlihat juga baliho tersebut pada unggahan kanal youtube sekretariat Presiden saat Presiden Jokowi melakukan peninjauan jalan yang diresmikannya. Pada saat yang bersamaan tampak Paspampres sedang menyiapkan keperluan Presiden Jokowi. Kebetulan posisi Paspampres berjongkok di depan ban belakang, sehingga terlihat seperti sedang memperbaiki ban.

Selain itu, Mobil dinas Mercedes-Benz S600 Guard yang digunakan oleh Presiden Jokowi diketahui memiliki sertifikat perlindungan VR10, yang merupakan sertifikasi tertinggi untuk kendaraan sipil dalam hal perlindungan diantaranya anti peluru dan anti paku.

Berdasarkan informasi diketahui bahwa kejadian ban bocor tersebut tidak benar.(*)

Komentar Anda