Tajam.news – Video tayangan mobil Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) diduga mengalami ban bocor menjadi viral di media sosial.

Jokowi terlihat sedang berjalan kaki di salah satu ruas jalan, sambil melambaikan tangan kepada masyarakat. Beberapa Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) juga terlihat berjaga di sekitar Jokowi

Instagram @innovacommunity mengunggah video yang menampilkan Paspampres sedang memeriksa keadaan ban mobil dinas Presiden Jokowi,

kemudian terlihat Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Menteri PUPR) Basuki Hadimuljono berjalan melewati mobil dinas Presiden.

Basuki Hadimuljono kemudian mendekati Presiden Jokowi yang sudah duluan turun dari mobil dinasnya.

Dalam keterangan video yang unggahan oleh Instagram @innovacommunity, video tersebut bersumber dari Tiktok @qoril48.

Dari Pantauan Tajam.news Presiden Joko Widodo kala itu berada di Kabupaten Blora, Provinsi Jawa Tengah, Selasa (23/1/2024).

Presiden Jokowi Meresmikan Inpres Jalan Daerah

Presiden Jokowi berada  di Kabupaten Blora untuk meresmikan ruas jalan Inpres Jalan Daerah (IJD), seperti yang  terlihat pada unggahan dalam akun resmi YouTube Sekretariat Presiden.

Ruas jalan tersebut merupakan jalan provinsi yang menghubungkan Kabupaten Grobogan dengan Kabupaten Blora. Jalan tersebut juga sebagai jalur alternatif tengah, di antara jalan pantau utara (Pantura) dan jalan pantai selatan (Pansela).

Dalam video, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mendampingi  Presiden Jokowi  sedang melakukan inspeksi jalan tersebut,

tempat  mobil dinas Jokowi diduga mengalami masalah dengan ban.

Baca Juga : Presiden Jokowi Goyang Gacor Bersama WNI di Vietnam

Memperkuat kesimpulan lokasi tersebut, terlihat baliho caleg yang tampak dalam video unggahan Instagram @innovacommunity, juga terlihat  pada unggahan kanal youtube sekretariat Presiden saat Presiden Jokowi melakukan peninjauan jalan.

Pada saat yang bersamaan tampak Paspampres sedang menyiapkan keperluan Presiden Jokowi. Kebetulan posisi Paspampres berjongkok di depan ban belakang, sehingga terlihat seperti sedang memperbaiki ban.

Selain itu, Mobil dinas Mercedes-Benz S600 Guard Presiden Jokowi memiliki sertifikat perlindungan VR10, sertifikasi tertinggi untuk kendaraan sipil dalam hal perlindungan, termasuk anti peluru dan anti paku

Berdasarkan informasi menunjukkan bahwa kejadian ban bocor tersebut tidak benar.(*)