oleh

Wakil Ketua DPRD Kalsel Pertanyakan Komitmen Pemprov Untuk UMKM

-Ekonomi-31 views

Tajam.news BANJARMASIN-
Adanya wacana penggabungan perangkat daerah pada Pemerintahan Provinsi Kalimantan Selatan, mendapat tanggapan dari Wakil Ketua DPRD Kalimantan Selatan, M. Syaripuddin. Wacana ini muncul karena terkait pembahasan Raperda tentang Perubahan Perda Nomor 11 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Provinsi Kalimantan Selatan. Peleburan perangkat daerah yang menjadi sorotan, salah satunya Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah dengan Dinas Perdagangan, yang jika digabungkan menjadi Dinas Perdagangan dan Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah.

Terkait regulasi dan aturan mengenai penggabungan Perangkat Daerah memang sudah diatur dalam PP Nomor 18 Tahun 2016 serta meruntut pada Permendagri Nomor 90 Tahun 2019. Dimana penggabungan urusan pemerintahan dalam satu dinas harus didasari pada perumpunan urusan baik dengan kedekatan karakteristik dan penyelenggaraan urusan. Jika melihat penggolongan instansi daerah ini dalam Perda Nomor 11 Tahun 2016, pada Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, dan Dinas Perdagangan diklasifikasi tipe B (Beban Kerja Sedang). Maka dalam wacana penggabungan dua instansi perangkat daerah ini, akan diklasifikasikan menjadi tipe A (Beban Kerja Besar).

dirinya turut mempertanyakan komitmen Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan untuk UMKM.

Menanggapi wacana penggabungan Perangkat Daerah, Bang Dhin (Wakil Ketua DPRD Kalsel) menyampaikan dirinya memahami bahwa peleburan dalam desain struktur Pemerintahan ini sebagai bentuk efesiensi dan efektivitas, namun hal yang menjadi catatan bahwa hajad atau tujuan yang dilakukan harus betul-betul bermanfaat dan tepat guna.

“Saya memahami hal ini sebagai bentuk efesiensi dan efektivitas dalam penyelenggaraan Pemeritahan Daerah, namun kedepan yang menjadi catatan bahwa penggabungan ini memang harus bermanfaat dan tepat guna.” ujarnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lagi Hot