oleh

Walhi : Sebut Hutan dan Masyarakat Adat, Belum Dapatkan Pengakuan Resmi Negara

-NASIONAL-66 views

TAJAM.NEWS, BANJARBARU – Mengingat gugatan Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Kalimantan Selatan ditolak mentah oleh Mahkamah Konstitusi (MK) pada 2018 lalu tentang penambangan batu bara, kini pihaknya juga sebut hutan adat di Kalsel bakal jadi Kota Seribu tambang.

Sungguh memprihatikan, Kalsel yang dikenal sebagai salah satu paru-paru dunia ini, ternyata, masih rentan terhadap investor yang akan merusak kelestarian alam serta lingkungan di wilayah tersebut.

Meski demikian, penggunaan hutan di Kalsel terbagi menjadi lima kawasan lewat penyampaian dari Dinas PUPR Provinsi Kalsel, yaitu, Hutan Produksi, Konservasi, Cagar Alam, Hutan Lindung dan penggunaan Tani.

Kawasan Hutan Wilayah Provinsi Kalimantan Selatan

Bahkan, hutan yang ada di wilayah provinsi Kalsel tergolong sebagai kawasan hutan pariwisata yang bernilai ekonomi.

Menyangkut hal ini, Direktur Walhi Kalsel, Kisworo, menyampaikan, masyarakat adat di Kalsel masih belum mendapatkan pengakuan dari Pemerintah, sehingga kawasan hutan di wilayahnya belum bisa sepenuhnya dapat terlindungi.

Hutan

“Rentan nanti ada para Investor yang akan merusak alam dan lingkungan,” tuturnya usai menjadi pembicara di seminar Dialog Publik Walhi dengan tema “Perlindungan dan Pengakuan Wilayah Kelola Rakyat di Kalimantan”, Jumat (26/12).

MK Tolak Perhutanan di Kalsel Bakal Jadi Kota Seribu Tambang

Bukan hanya itu, Ia mengungkapkan, ketika gugatan yang diajukan ke Mahkamah Konstitusi di Jakarta pun di tolak mentah, hal ini lah yang menjadi salah satu keprihatinan baginya, apabila nantinya akan timbul masalah besar tentang hutan di Kalsel.

“Kalsel yang dikenal dengan sebutan Kota Seribu Sungai sebentar lagi akan menjadi Kota Seribu Tambang,” imbuhnya.

Selain itu, Kosworo, berpendapat, masyarakat yang lebih dulu hidup di Kalsel kini belum diakui keberadaannya oleh negara. Mirisnya lagi, berstatus ilegal.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lagi Hot