TAJAM.NEWS, MAKASSAR-Wakil Ketua MPR RI, Amir Uskara mendapatkan anugerah pada Hari Pendidikan Nasional 2024. 

Pemerintah Provinsi memberikan Tokoh Nasional dalam Wakaf Buku di Sulsel sejak tahun 2016 sampai dengan 2023. 

Gubernur Sulsel memberikan penghargaannya hari ini secara langsung. 

Politisi PPP ini pernah mewakafkan buku karyanya bertajuk ”Ayo Membangun Desa, Cara Mengelola Dana Desa untuk Kesejahteraan”  

Penerima Penghargaan Tertinggi Nugra Jasadharma Pustaloka Perpustakaan Nasional RI, Bachtiar Adnan Kusuma menyerahkan wakaf buku karya Amir Uskara.   

Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gowa, Drs Mustamin Raga MM menerima wakaf buku Amir Uskara.

Wakaf buku karya Dr Amir Uskara berlangsung sejak 2021 hingga 2023.

Ia menyumbangkan kepada seluruh Perpustakaan Kabupaten/Kota di Sulsel, Perpustakaan Desa Lorong, Perpustakaan Sekolah, Perguruan Tinggi, Masjid.

Tak hanya itu, Komunitas baca bukan di berbagai daerah Indonesia.

Tempat itu adalah Pustakawan Menulis Satu Buku untuk Indonesia ini, Rumah Dunia Duta Baca Indonesia, Gol A Gong di Banten, Perpustakaan DPR/MPR RI.

Selain itu kepada Perpustakaan Library Congress Amerika Serikat, Jakarta, Sulbar, Sultra, Sumatera, Perpustakaan DKI Jakarta, Perpustakaan di Kalimantan, Jawa, NTT, NTB, Maluku.

“Kami memberi apresiasi yang tinggi kepada Pak Doktor AU (Amir Uskara) karena di tengah kesibukannya, masih saja menyempatkan waktu menulis buku.

Kemudian ia menerbitkan menjadi buku dan diwakafkan kepada seluruh perpustakaan yang ada di Sulsel maupun di luar Sulsel,” kata BAK.

Kepedulian Tinggi

Karena itu, BAK menegaskan kalau pihaknya bersyukur ada sosok seperti Dr.AU yang memiliki care tinggi terhadap pengembangan ekosistem membaca dan menulis di Indonesia. 

“Pak Dr AU juga pembina Utama Gerakan Nasional Guru, Pustakawan Menulis Buku dan Asosiasi Perkumpulan Penulis Profesional Indonesia Pusat ini,” tegasnya.

Sementara itu, Sekdis Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gowa, Mustamin Raga, menyampaikan apresiasi tinggi kepada Dr HM Amir Uskara, atas bantuan wakaf buku karyanya di Perpustakaan Gowa. 

“Bantuan buku Ayo Membangun Desa karya Dr HM Amir Uskara, selanjutnya memperkaya referensi dan bahan koleksi Perpustakaan Gowa,” kata Mustamin Raga.(*)