TAJAM.NEWS-Penjabat Bupati Jeneponto, Junaedi B S.Sos, MH, mengapresiasi keluaran terbaru dalam dunia literasi yang berjudul “Pernak-Pernik Pemikat Hati Budaya Turatea”.

Buku ini ditulis oleh Tokoh Literasi yang juga Penerima Penghargaan Tertinggi Nugra Jasadharma Pustaloka Perpustakaan Nasional RI, Bachtiar Adnan Kusuma, bersama dengan beberapa seniman ternama Sulawesi Selatan seperti Yudhistira Sukatanya, Haerullah Lodjik, dan Abdul Goffur.

Penerimaan buku ini secara resmi dilakukan di Ruang Jabatan Bupati Jeneponto pada Jumat (29/3/2024), dihadiri oleh Junaedi B bersama dengan Bachtiar Adnan Kusuma, Abdul Goffur, dan Haerullah Lodjik. Junaedi menyatakan bahwa buku ini menjadi jendela penting untuk memahami ragam budaya yang menjadi ikon Butta Turatea.

“Saya berharap buku ini akan terus diperbarui secara bertahap, sehingga informasi mengenai kekayaan budaya tumabuttaya di Jeneponto semakin meluas. Terbitnya buku ini pada 17 Ramadhan 1445 H dan bertepatan dengan HUT Kabupaten Jeneponto pada 1 Mei 2024 mendatang, saya yakin akan menjadi bagian yang melengkapi kegiatan Ramadhan bagi masyarakat,” ujar Junaedi B.

Baca Juga : Terungkap Motif Suster Pengasuh Aniaya Anak Selebgram Emy Aghnia

Di sisi lain, Haerullah Lodjik menjelaskan bahwa buku “Pernak-Pernik Pemikat Hati Budaya Turatea” ditulis dengan gaya esai populer dan berisi sepuluh tulisan yang mengulas berbagai tradisi dan kekhasan budaya lokal.

“Buku ini diharapkan menjadi daya tarik nasional yang mengundang minat orang untuk datang ke Jeneponto dan menikmati kekayaan kuliner serta tradisi khas yang ada di sini,” tambah Lodjik.

Bachtiar Adnan Kusuma menambahkan bahwa pihaknya akan mengusulkan agar buku ini menjadi bacaan dan referensi penting di Perpustakaan Nasional, sehingga dapat menjadi panduan ringan bagi siapa saja yang ingin mengetahui lebih dalam tentang kearifan lokal di Jeneponto.(*)