Tajam.news – Film Dokumenter Dirty Vote yang memuat dugaan kecurangan yang dilakukan dalam Pemilu 2024 menjadi sorotan seusai di rilis, Minggu (11/2). Film yang dikupas tiga akademisi Bivitri Susanti, Feri Amsari, dan Zainal Arifin Mochtar itu diputar pada kanal youtube @DirtyVote.

Dirty Vote dokumenter yang disampaikan oleh tiga ahli hukum tata negara yang membintangi film ini. Mereka adalah Zainal Arifin Mochtar, Bivitri Susanti, dan Feri Amsari. Ketiganya mengungkap berbagai instrumen kekuasaan telah digunakan untuk tujuan memenangkan pemilu dan merusak tatanan demokrasi.

“Penggunaan infrastruktur kekuasaan yang kuat, tanpa malu-malu dipertontonkan secara telanjang di demi mempertahankan status quo. Bentuk-bentuk kecurangannya diurai dengan analisa hukum tata negara,” tulis akun youtube Dirty vote dalam keterangan film tersebut.

Baca Juga : Ketua KPU Batam Tendang-Banting Meja di Gudang Logistik

Sejak film tersebut dirilis ribuan komentar dan like membanjiri karya ini. Di berbagai platform media sosial, tautan video ini pun ramai dibagikan. Sedangkan di X dulunya Twitter, Dirty Vote menjadi trending topik twitter Indonesia.

Dari hasil pantauan tim Tajam.news pada minggu (11/02/2024), film Dirty Vote telah mencapai 1,9 juta penonton. (*)