TAJAM.NEWS, MAKASSAR-Menjelang libur Lebaran, pergerakan penumpang pesawat mulai padat di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar.

Menurut General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, Taochid Purnomo Hadi, selama bulan Maret terjadi 4.303 pergerakan pesawat dengan rata-rata 139 pergerakan pesawat per hari.

Jumlah penumpang mencapai 584.044 dengan rata-rata 18.840 penumpang per hari, dan kargo sebanyak 7.073 ton dengan rata-rata 228 ton per hari.

“Lonjakan penumpang diperkirakan akan terjadi pada masa mudik lebaran. Puncak arus mudik diperkirakan terjadi pada H-3 sampai H-2 Lebaran Idul Fitri,” tuturnya, Rabu (3/4/2024).

Pergerakan penumpang pesawat mulai padat di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar selama Triwulan I 2024.

 

Maskapai penerbangan telah mengajukan slot penerbangan ekstra untuk mengatasi lonjakan ini, dengan beberapa maskapai mengajukan slot untuk penerbangan ekstra ke Kulonprogo, Balikpapan, dan Samarinda.

Baca Juga : Viral Pemuda di Medan Kehilangan Motor, Tak Diizinkan Lihat CCTV oleh Pemilik Kos

Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang, pihak Bandara Sultan Hasanuddin Makassar akan membuka Posko Angkutan Udara Lebaran 2024 mulai 3 April.

Langkah-langkah persiapan lainnya termasuk penambahan fasilitas utama seperti kursi dan troli, mengingat beberapa fasilitas saat ini belum cukup memenuhi kebutuhan penumpang terutama saat musim libur.

Sementara itu, data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Sulsel menunjukkan penurunan jumlah total penumpang penerbangan domestik pada Februari sebesar 14,48% dibandingkan Januari.

Sementara penumpang penerbangan internasional mengalami kenaikan sebesar 8,29% dibandingkan Januari namun masih mengalami penurunan dibandingkan Februari tahun sebelumnya.(*)