Tajam-news – Anggota DPR RI, Andreas Hugo yang juga politisi dari partai PDIP menyinggung soal program makan siang gratis dalam rapat kerja Komisi X DPR RI bersama Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek).

Dilansir dari akun youtube resmi DPR RI saat melakukan live rapat kerja Komisi X DPR RI dengan Mendikbudristek. pada Rabu, 6 Maret 2024.

Alasan Andreas singgung program makan siang gratis karena khawatir jika akan dimasukkan ke dalam dana Bantuan Operasional Sekolah.

Menurutnya, program makan siang gratis anggarannya lebih besar dibandingkan dengan seluruh anggaran biaya operasional Mendikbudristek.

Baca Juga : Aksi Terpuji Anak Punk Bantu Seorang Ibu Tertabrak Mobil

Saat Rapat Kerja Komisi X DPR RI bersama Mendikbudristek tersebut, Anggota DPR RI dari Fraksi PDIP tersebut juga mengusulkan lebih baik ada Kementerian Makan Siang Gratis,

Bukan tanpa alasan, menurut Hugo, penggunaan dana BOS untuk anggaran makan siang gratis tidak tepat dan sangat memberatkan.

Hal itu karena dana BOS sendiri jumlahnya tidak besar, sedangkan program makan siang gratis ini akan membutuhkan dana yang besar.

“saya sampai begini usulkan lebih baik bikin kementerian makan siang gratis saja sekalian, ketimbang itu harus melakukan di pipa dana BOS yang mungkin jumlah angkanya sudah sedikit,”ujarnya dikutip dari akun youtube resmi DPR RI pada Rabu, 6 Maret 2024.(*)