TAJAM.NEWS Program Studi Program Profesi Insinyur (Prodi PPI) Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar (UNM) telah menjalin kerjasama yang erat dengan Pengurus Persatuan Insinyur Indonesia (PII) cabang Makassar.

Penandatanganan Perjanjian Implementasi Kerjasama dilaksanakan dalam acara yang dihadiri oleh sejumlah tokoh penting, termasuk Dekan Fakultas Teknik UNM Prof Dr. Ir. H. Muhammad Yahya, M.Kes., M.Eng., IPU., ASEAN Eng., Ketua PII Cabang Makassar Prof. Dr. Ir. Rustan Tarakka, S.T., M.T., IPM., AER, dan Sekretaris PII Wilayah Sulsel Dr. Eng. Ir. Muhammad Rusman, S.T., M.T., IPM.

Dalam sambutannya, Dekan FT UNM Prof. Muhammad Yahya menyampaikan apresiasi atas kerjasama ini, yang diharapkan dapat meningkatkan kualitas Program Profesi Insinyur di UNM. Kerjasama ini mencakup fasilitasi pendaftaran keanggotaan PII, pendampingan dalam pengisian portofolio pada SIMPONI PII, serta dukungan sertifikasi insinyur profesional bagi dosen dan alumni Prodi PPI UNM.

Harapannya, kerjasama ini juga akan meningkatkan jumlah mahasiswa Prodi PPI di masa mendatang.

Sementara itu, Ketua PII Cabang Makassar mengungkapkan kebanggaannya atas kinerja Prodi PPI UNM sejak awal pendiriannya.

Sinergitas antara PII Makassar dan Prodi PPI UNM diharapkan dapat mendukung pengembangan SDM profesi insinyur melalui pengisian FAIP di SIMPONI PII bagi mahasiswa, yang menjadi acuan penilaian konversi nilai untuk penyelesaian studi Profesi Insinyur.

Baca Juga : Hujan Tidak Menghalangi Polsek Bontoala dan Bhayangkari Berbagi Takjil

Dengan IoA ini, diharapkan dapat memperoleh Surat Tanda Registrasi Insinyur (STRI) dan sertifikat Insinyur Profesional bagi lulusan Prodi PPI UNM.

Penandatanganan Implementation of Agreement (IoA) ini menjadi momentum penting dalam mengakselerasi penyelenggaraan Program Profesi Insinyur di UNM. Prodi PPI UNM, di bawah kepemimpinan Ir. Muhammad Farid, S.Pd., M.T., Ph.D., IPM. ASEAN Eng., berharap kerjasama ini akan membawa dampak positif dalam praktek keinsinyuran, pengembangan SDM, dan kontribusi berkelanjutan dalam mencetak insinyur berkualitas untuk kemajuan bangsa Indonesia dan global.(*)